Jangan Pakai Model Ponco! Ini 4 Bahaya Jas Hujan Model Ini

Ilustrasi Jas Ponco/Sumber: Mobilmo.com Ilustrasi Jas Ponco/Sumber: Mobilmo.com

CLICKS:  Intensitas hujan yang tinggi seperti saat ini membuat jas hujan merupakan benda wajib yang harus ada bagi pengendara roda dua. Namun, jangan asal memakai, sebab  memilih model jas hujan yang aman dan nyaman digunakan amat penting.

Sampai saat ini masih banyak dari pengendara roda dua yang menggunakan jas hujan model ponco. Walau lebih praktis, namun jas hujan model ini sangat tidak dianjurkan untuk Anda gunakan saat mengendarai motor di kala hujan.

Jas hujan model ini membuat Anda akan 'melayang' karena mengembang ketika tertiup angin. Terang ini dapat membahayakan Anda sendiri maupun orang lain. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini bahaya menggunakan jas hujan jenis ponco saat hujan:

1. Dapat membuat hilang keseimbangan
Karena dimensinya yang lebar, jas hujan model ini dapat membuat Anda lebih mudah kehilangan keseimbangan. Terlebih jika angin bertiup kencang.

2. Tersangkut di rantai atau roda
Selain itu, akibat bentuknya yang besar jas hujan ponco akan menjuntai ke bawah terlalu panjang. Inilah yang dapat membuatnya jadi tersangkut di rantai ataupun roda.

Jika tersangkut, jas hujan bisa membuat Anda terjatuh, apalagi jika Anda berkendara dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Amankah Putih Telur Dijadikan Masker Alami? Simak 4 Fakta Ini

3. Tidak efektif
Walau terlihat besar dan dapat menutupi seluruh area badan Anda, nyatanya jas hujan model ini tidak sepenuhnya melindungi tubuh dengan baik dari air hujan.

Sebab, bagian seperti lengan dan kaki terkadang tidak tertutup dengan baik. Maka dari itu, sering didapati sepatu dan lengan pakaian Anda akan tetap basah.

4. Membahayakan pengendara belakang
Lagi-lagi akibat bentuknya yang melebar saat dipakai berkendara, jas hujan ini berpotensi menutupi lampu belakang motor Anda. Hal ini akan berbahaya untuk pengendara di belakang Anda. Sebab, saat lampu tertutup pengendara di belakang tidak bisa melihat lampu rem dan juga sein.

Nah, maka dari itu disarankan untu Anda memilih jas hujan dengan model terpisah antara bagian tubuh dan celana. Selain itu perhatikan pula ukuran dari jas hujan. Jangan  terlalu sempit dan juga tidak terlalu longgar supaya gerak tubuh tetap leluasa.

Itulah beberapa bahaya jika Anda menggunakan jas hujan jenis ponco. Tetaplah waspada dan hati-hati saat berkendara, jika hujan terlalu deras ada baiknya untuk berteduh terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.


(NAI)