Statistik Jepang Vs Kroasia: Tajamnya Samurai Biru!

Ilustrasi Ilustrasi

DOHA: Jepang tak bisa lagi dianggap remeh di Piala Dunia 2022. Dua raksasa Spanyol dan Jerman sudah merasakan ketajaman Samurai Biru. Jika tak waspada, gawang Kroasia bakal bernasib sama!

Pertemuan Kroasia melawan Jepang pada babak 16 besar di Stadion Al Janoub, Senin malam, 5 Desember 2022, dipastikan bakal sengit. Bahkan, sejumlah bursa judi internasional terbelah. Ada yang mejagokan Jepang ada juga berakhir imbang dan berlanjut adu penalti.

Gelandang serang Jepang, Daichi Kamada, yang menjadi starter dalam ketiga pertandingan fase grup beranggapan fakta timnya keluar dari 'Grup Maut' sebagai juara grup telah membuat tim bisa mengalahkan siapa pun yang terbaik dalam ajang ini.

BACA: Gampar Senegal, Inggris Tantang Prancis di Perempatfinal

"Kami berhasil menjuarai grup yang sangat sulit ini. Kami melaju ke babak berikutnya sebagai pemuncak grup, sedangkan Kroasia melaju sebagai runner up. Tentu saja, mereka memiliki banyak pemain bagus, dan mereka tim yang bagus. Tapi tim kami juga hebat, jadi saya pikir kami memiliki peluang besar untuk menang," ujarnya.

Kroasia sendiri mengaku terkejut oleh apa yang sudah dilakukan Jepang selama fase grup, terutama setelah mengalahkan Jerman dan Spanyol, yang membuat mereka tidak akan meremehkan Jepang.

Jepang membuka pertandingan grup mereka dengan kemenangan mengejutkan atas juara dunia empat kali Jerman sebelum menundukkan juara Piala Dunia 2010 Spanyol pada laga terakhir.

Sekalipun hanya menguasai 17% distribusi bola saat melawan Spanyol dan 26% ketika menghadapi Jerman, Jepang menjadi pemenang dalam kedua laga itu.

"Mereka telah membuktikan bahwa nama besar itu bukan segalanya, sebaliknya hati dan keberanian yang lebih penting. Mereka pantas mendapatkannya dan menunjukkan kualitas," kata gelandang Kroasia, Lovro Majer.

Kroasia, yang merupakan runner-up Piala Dunia 2018, mungkin lebih difavoritkan memenangkan laga ini, tetapi Majer menyatakan fakta Jepang bisa menumbangkan Jerman dan Spanyol adalah pesan jangan coba-coba meremehkan Samurai Biru.

"Jika saat ini Anda meremehkan orang, itu akan menjadi bumerang bagi Anda. Semua orang memainkan sepak bola yang bagus. Kami sudah menyaksikan banyak kejutan dalam Piala Dunia ini, " ujarnya.

Kroasia sendiri berkesempatan melanjutkan catatan bagus mereka di babak knockout, yakni tidak pernah kalah di fase 16 besar. Ini bisa menjadi aset dan sekaligus beban bagi Kroasia, sebagaimana halnya bisa menjadi tantangan dan kendala bagi Jepang.

Statistik Jepang Vs Kroasia

- Jepang tidak berhasil mencatat clean sheet dalam tiga pertandingan di Piala Dunia 2022.
- Dua kemenangan Jepang di Piala Dunia kali ini dipetik dengan skor 2-1.
- Sepasang kemenangan tersebut dipetik setelah Jepang tertinggal satu gol di babak pertama.
- Gawang Kroasia cuma kebobolan satu gol sepanjang Piala Dunia tahun ini.
- Jepang merupakan satu-satunya wakil Asia yang pernah dihadapi Kroasia sepanjang sejarah Piala Dunia.
- Kroasia cuma menelan dua kekalahan dalam delapan pertandingan terakhirnya di fase gugur Piala Dunia.

 


(TOM)