Yuk, Intip Mitos Unik di Indonesia yang Bisa Bikin Tepuk Jidat

Ilustrasi Mitos/Freepik Ilustrasi Mitos/Freepik

CLICKS:  Selain menjadi kebanggan, beragamnya budaya di Indonesia juga membuat banyak mitos yang beredar di masyarakat. Dihimpun dari berbagai sumber, mitos merupakan kepercayaan yang diwariskan secara turun temurun sehingga banyak masyarakat yang menganggapnya sebagai sebuah kebenaran.

Tak bisa dimungkiri, di Tanah Air sendiri banyak mitos tak masuk akal.

Umumnya, sebuah mitos tercipta dari cerita yang berangkat dari fakta sejarah, namun yang sering ditemukan di Indonesia berhubungan dengan makhluk gaib, dewa, dan penjelasan tentang fenomena alam.

Tim Clicks.id telah merangkum lima mitos unik yang ada di Indonesia, berikut informasinya:

1. Jangan makan biji buah karena dapat tumbuh

Beredar mitos unik yakni larangan untuk memakan biji dari buah-buahan. Bukan karena dapat menyulitkan sistem pencernaan, mitos ini menjelaskan jika Anda mengkonsumsi buah beserta bijinya, anggota badan Anda akan ditumbuhi tumbuhan dari biji buah yang Anda makan.

Tentu, mitos ini sangat menggelitik sebab, dinilai tak masuk akal. Namun, ada sebagian orang yang masih mempercayainya mitos ini.

2. Ibu hamil wajib bawa gunting

Untuk mitos ini cukup erat dengan hal mistis. Konon, wanita yang sedang hamil kerap diikuti oleh jin dan makhluk halus lainnya. Hal ini membuat banyak orang tua pada masa itu yakin jika gunting dipercaya sebagai penolak bala dan makhluk halus yang kerap mengganggu ibu hamil.

Walau sulit diterima secara logis, mitos ini masih dipercaya dan kerap dilakukan oleh ibu hamil jika hendak keluar rumah di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Cinta Satwa, Raline Shah Mengisi Suara Film Dokumenter di Inggris

3. Kupu-kupu masuk rumah

Untuk mitos ini cukup populer di kalangan orang Jawa. Mereka percaya jika ada kupu-kupu yang masuk ke rumah, maka rumah tersebut akan kedatangan tamu. Tamu ini bisa keluarga, kerabat, sahabat atau orang terdekat.

4. Memotong kuku saat malam hari

Ada banyak versi mengenai mitos yang satu ini. Ada yang percaya jika Anda memotong kuku pada malam hari dapat mengundang makhluk halus. Ada juga yang mengatakan jika memotong kuku pada malam hari dapat membuat Anda cepat meninggal.

Jika dilihat secara logis, saat masa itu penerangan masih sangat minim. Maka, akan berbahaya jika kita memotong kuku pada malam hari.

5. Bulu mata jatuh

Selanjutnya ada mitos bulu mata yang jatuh, banyak yang percaya, jika salah satu bulu mata jatuh dan menempel ke wajah. Hal tersebut menandakan adanya seseorang yang sedang merindukan Anda.

Jika hal tersebut terjadi, bulu mata itu harus ditepuk-tepuk dengan tangan sambil melafalkan huruf a-z. Jika bulu mata itu hilang saat melafalkan suatu huruf, maka ada seseorang pada huruf tersebut yang tengah rindu.

Nah, itulah berbagai mitos unik yang ada di Indonesia. Bagaimana, apakah Anda mempercayainya? Semoga bermanfaat.


(NAI)

Berita Terkait