Selain Zona Merah, Jatim Uji Coba KBM Tatap Muka SMA/SMK Pekan Depan 

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Pemprov Jawa Timur akan membuka Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka langsung secara bertahap mulai Selasa, 18 Agustus 2020. Kegiatan akan diawali pada tahap SMA/SMK.
 
"Ibu Gubernur sudah setuju, tinggal menunggu koordinasi dengan yang lain," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wachid Wahyudi, Kamis, 13 Agustus 2020.

Wachid menjelaskan untuk kurikulum juga sudah disesuaikan dengan kurikulum darurat yang telah diterbitkan oleh Kemendikbud dengan menekankan pada kompetensi inti dari suatu mata pelajaran.
 
Sebelumnya Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan Pemprov Jatim akan melakukan uji coba proses belajar mengajar secara langsung di sekolah untuk jenjang SMA dan SMK secara selektif atas persetujuan bupati/wali kota.
 
Menurutnya uji coba akan diberlakukan dengan beberapa tahapan penting, tidak semua sekolah melakukan uji coba proses belajar secara langsung. Sekolah yang dibuka pun berdasarkan zonasi wilayah covid-19 yang bukan zona merah.
 
"Jadi untuk sekolah yang berada di zona merah akan tetap ditutup, sedangkan di zona hijau, kuning dan orange akan dibuka," kata Khofifah.
 
Untuk sekolah yang berada di wilayah zona kuning proses belajar mengajar akan dibuka 50 persen dari jumlah siswa per klas. Untuk zona orange 25 persen. Di samping itu, setiap sekolah diminta menyiapkan 4 mata pelajaran setiap harinya dengan durasi 45 menit setiap pelajaran.
 
Jadi lama pembelajaran tatap muka selama uji coba hanya 4 jam pelajaran per hari tanpa jam istirahat, artinya bila masuk sekolah pukul 07.00 WIB, maka pukul 10.00 WIB sudah pulang sekolah.
 


(ADI)

Berita Terkait