Melihat Benteng Istana Majapahit di Mojokerto, Mirip Tembok China

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

MOJOKERTO : Situs peninggalan tembok raksasa yang konon bekas Kerajaan Majapahit ditemukan di Mojokerto. Tepatnya, di tengah hutan Gunung Kutogirang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Diperkirakan, tembok itu dibuat sekitar abad ke-15, di bawah kepemimpinan Raja Girindrawardana.

Dilihat dari dekat, tembok yang memanjang itu memiliki ketebalan sekitar 2 meter. Diperkirakan, ketinggiannya sekitar 4 meter dan panjangnya mencapai 300 metar. Netizen menyebut tembok raksasa yang mirip Tembok Besar China.

Sayangnya, batu bata tebal yang tersusun pada tembok raksasa itu sudah roboh dan diselimuti lumut serta rumput liar yang hijau. "Jadi panjangnya itu sekitar 300 meter. Panjang sekali. Sayangnya ini sudah ambruk dan lumut," ujar pemilik akun Youtube, Kuno Brono dikutip Minggu 15 Mei 2022.

Dalam video itu, pemilik akun menyelipkan sedikit informasi terkait situs bangunan kuno Indonesia. Katanya, bangunan zaman dahulu tak memerlukan semen sebagai perekat batunya. Hanya ditumpuk begitu saja, karena orang pada zaman itu memiliki kesaktian tersendiri.

Baca juga : Subhanallah, Melihat dari Dekat Masjid Kowloon di Hong Kong

"Gak usah semen sudah kuat sekali seperti ini. Jadi tuh tebal-tebal sekali batu batanya," katanya lagi.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada penelitian secara pasti apakah benar bangunan tersebut merupakan situs Majapahit.

 


(ADI)

Berita Terkait