Maroko Juara Grup, Belgia Tersingkir

Selebrasi pemain Maroko/ist Selebrasi pemain Maroko/ist

DOHA: Maroko menyusul Senegal sebagai  wakil Benua Afrika kedua yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Hebatnya, Tim berjuluk The Atlas Lions ini lolos dengan status juara Grup F setelah menang dari Kanada 2-1 di Al-Thumama Stadium, Kamis (1/12).  

Dua gol kemenangan Maroko disumbang Hakim Ziyech menit keempat dan Youssef En-Nesyri (23'). Sedangkan satu gol Kanada terjadi akibat gol bunuh diri pemain Maroko, Nayef Aguerd (40').

Tiga poin dari Kanada membuat Maroko lolos ke fase gugur dengan predikat juara Grup F setelah mendulang poin tujuh. Di babak 16 besar, pasukan Walid Regragui ini akan menghadapi runner up Grup E.

BACA: Duel Serbia Lawan Swiss Diselimuti Dendam Elang Berkepala Dua

Bagi Maroko, lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 merupakan ulangan prestasi di Piala Dunia 1986. Namun, pada Piala Dunia yang berlangsung di Meksiko itu, Maroko gagal menembus perempat final setelah kalah 0-1 dari Jerman Barat

Belgia Tersingkir

Sementara Kroasia lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar dengan status runner up Grup F. Dalam laga terakhir menghadapi Belgia, Kamis (1/12) di Ahmed bin Ali Stadium, Kroasia hanya mampu bermain imbang tanpa gol.

Hasil ini membuat Luka Modric dkk hanya mampu menduduki posisi runner up Grup F dengan poin lima. Kroasia terpaut dua poin dari Maroko yang menjadi juara grup setelah di laga terakhir menang 2-1 atas Kanada. Sedangkan Belgia harus angkat koper karena hanya menempati posisi tiga dengan poin empat.

Lolos ke babak 16 dengan status runner up membuat langkah Kroasia untuk bisa menembus perempat final sangat berat. Pasalnya, Kroasia akan menghadapi juara Grup E yang kemungkinan besar akan ditempati Spanyol.

Tim Matador saat ini memimpin Grup E dengan poin empat. Di laga terakhir penyisihan grup, Spanyol akan menghadapi Jepang yang kini menduduki peringkat dua.

 


(TOM)